Apa itu LASIK?

Apa itu LASIK?

LASIK adalah prosedur tindakan/bedah dengan menggunakan laser untuk mengkoreksi kelainan refraksi antara lain myopia (mata minus), hypermetropia (mata plus jauh) dan atau astigmatisma (mata silinder).

LASIK singkatan dari Laser Assisted in-situ Keratomeleusis, dari kepanjangannya maka LASIK bisa diartikan suatu proses tindakan bedah refraktif dimana dilakukan dengan laser yang diaplikasikan pada kornea setelah dibuat lapisan tipis pada bagian atas korneanya.

Pada LASIK, lapisan tipis (flap) yang dibuat baik dengan alat yang namanya mikrokeratome ataupun dengan laser akan di buka dan dilipat ke pinggir, lalu bagian kornea yang sudah terbuka itu dilaser sesuai dengan kebutuhan ukurannya. Selesai proses laser, lapisan tipis (flap) dikembalikan ke posisi semula sehingga menutup kornea yang telah dilaser tadi.

Pada prinsipnya Lasik ini merubah kelengkungan kornea. Ini berawal dari bahwa seorang penderita myopia (mata minus) mempunyai kelengkungan kornea cenderung lebih lengkung atau “steep” sehingga proses lasik membuat kelengkungan menjadi lebih datar (flat) sesuai kebutuhan dan begitu sebaliknya pada penderita hypermetropia (mata plus jauh). Sedangkan untuk mata astigmatisma (mata silinder) mempunyai kelengkungan kornea yang tidak rata (irreguler) menjadi rata (sesuai kebutuhan). Semua kebutuhan perubahan kelengkungan dan ketebalan jaringan kornea yang dilaser ditentukan dengan perhitungan yang sangat rumit oleh komputer, sehingga pada akhirnya menghasilkan tajam penglihatan pasien yang maksimal.

Jika anda ingin menjalani LASIK, maka langkah awal yang perlu ada perhatikan adalah dokter yang menangani dan memeriksa serta mengevaluasi apakah kondisi mata anda layak lasik atau tidak. Namun demikian secara umum semua dokter sudah terlatih dan berpengalaman akan mempunyai standar SOP yang sama, apalagi dalam satu institusi rumah sakit atau klinik lasik.

Dalam proses pemeriksaan itu akan diperiksa berbagai hal misalnya tentang kesehatan umum, apa jenis kelainan refraksinya, berapa besar ablasi pada kornea yang diperlukan dan lain-lain.

Jika anda tidak layak LASIK, kemungkinan pertama juga masih ada cara atau metode untuk mengkoreksi kelainan refraksi anda, misal TransPRK dan lain-lain. Dengan melihat hasil periksa  mata maka dokter akan menentukan jenis koreksi apa saja yang cocok untuk kondisi mata anda.

Lasik adalah proses operasi yang cepat sehingga pasien tidak perlu rawat inap. Dokter akan mengatur seberapa besar koreksi yang diperlukan. Dalam prosesnya anda akan diminta untuk melihat satu target cahaya/lampu agar tetap fokus selama dilakukan laser, dan tidak akan terasa sakit. Umumnya lasernya sendiri sangat cepat hanya dalam hitungan detik bahkan untuk LASIK sekitar 20 detik. Sementara untuk 1 mata secara keseluruhan dari mulai persiapan sampai selesai sekitar 10 – 15 menit. (K)

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *